Selasa, 11 Oktober 2011

Danau Toba Sumatra


Indah: Danau Toba (Lake Toba) Sumatra Utara, Indonesia
Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau Toba merupakan danau vulkanik (danau yang terbentuk pada bekas kawah gunung berapi, penj.) dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau ini terletak di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir.
Sudah sejak lama Danau Toba menjadi daerah tujuan wisata yang mampu menarik wisatawan baik domestik (dalam negeri) maupun mancanegara (luar negeri).
Letak Danau Toba adalah 176 km ke barat dari ibukota propinsi, Medan. Danau Toba dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dari Medan dengan jarak tempuh sekitar tiga sampai empat jam. Dengan pesawat menuju kota Medan hanya memakan waktu 40 menit dari Singapura dan 2 jam dari Jakarta, ibukota Indonesia.

Terbentuknya Danau Toba

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University, Danau Toba terbentuk saat ledakan yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu. Ledakan ini dinamakan ledakan supervulcano (gunung berapi super). Para peneliti ini memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung tersebut mencapai 2.800 km3 (800 km3 berupa batuan ignimbrite dan 2.000 km3 abu vulkanik). Debu vulkanik akibat dari ledakan tersebut telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.
            Setelah ledakan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir. (Diolah dari berbagai sumber). (Mr. Cula)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar