Rabu, 20 Juli 2011

Memutus Rantai Kemiskinan dengan Dakwah bil Mal

Kepala KUA Cluring menyerahkan zakat kepada warga.
Kepala KUA Cluring menyerahkan zakat kepada siswa
Cluring- Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Cluring membagikan zakat mal yang dikumpulkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) yang bertugas di wilayah Kecamatan Cluring. Acara penyerahan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cluring Zainal Abidin di aula KUA Cluring (20/7).
Dalam sambutannya, Pak Zainal mengajak umat Islam terutama yang diberi kelebihan secara ekonomi untuk terus meningkatkan kualitas keimanannya melalui dakwah yang tepat. "Kalau dulu kita mengenal dakwah bil aqwal dan dakwah bil hal, sekarang kita tingkatkan lagi dengan dakwah bil mal (dakwah dengan harta, red.)," jelasnya.
Tokoh muda tersebut memandang bahwa kemiskinan tidak bisa hanya diatasi dengan memperbincangkannya saja. Akan tetapi harus ada tindakan nyata. Terutama dari orang-orang yang diberikan kelebihan ekonomi oleh Allah SWT. "Semoga kegiatan ini bisa menggugah kepedulian kepada masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi," harapnya.
Dalam penyerahan zakat kali ini ada 18 orang penerima yang diberikan bantuan. 9 orang berasal dari kelompok pengusaha kecil produktif dan 9 sisanya adalah murid-murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Rencananya, penyerahan zakat ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. "Saya berharap ke depan semakin banyak penerima zakat yang bisa kita beri. Dan tentunya dengan nominal yang semakin besar pula. Sehingga, rantai kemiskinan yang menjerat sebagian saudara-saudara kita akan bisa kita putus," pungkasnya. (Cula)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar