Rabu, 01 Februari 2012

LP Maarif Menantang Madrasah Mampu Bersaing

Ketua LP Maarif NU Banyuwangi, Drs. H. Arifin Salam, M.Pd.I.
Cluring – Memasuki tahun 2012, sepertinya Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Banyuwangi melakukan langkah-langkah upaya-upaya strategis dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan yang dikelolanya. Di bawah kendali ketuanya yang baru, Drs. H. Arifin Salam, M.Pd.I., LP Maarif terus berbenah untuk mampu bersaing dengan lembaga-lembaga lain. Ada tiga garapan utama yang menjadi garapan LP Maarif saat ini. Yaitu, peningkatan kualitas kelembagaan, sarana dan pra-sarana, dan kesiswaan.
“Kita harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri dan sekolah-sekolah swasta yang lain,” tegas Arifin dalam sambutannya pada pembukaan acara sepeda santai yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kecamatan Cluring dalam rangka Peringatan Hari Lahir NU ke 86 yang di Benculuk (31/1).
Wujud dari upaya LP Maarif untuk meningkatkan kualitas lembaga-lembaga di bawah naungannya terungkap dalam rapat KKM Kecamatan Cluring (1/2). Menurut Ketua KKM Kecamatan Cluring, Drs. Imam Muslih, M.Pd.I., LP Maarif bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelontorkan bantuan beasiswa siswa miskin (BSM) kepada 5.000 siswa madrasah se-Banyuwangi. “Teknis pembagian dana BSM ini didasarkan pada kuota jumlah murid. Masing-masing lembaga mendapat jatah 15% dari jumlah total murid tahun ini,” jelas Muslih.
         Sementara itu, di bidang sarana dan pra-sarana pendidikan, LP Maarif juga akan mengalokasikan dana bantuan untuk perbaikan sarana dan pra-sarana madrasah. Dana ini berasal dari anggaran pemerintah. Baik APBD maupun APBN. “Semoga bantuan ini bisa merata kepada seluruh madrasah. Tidak memandang itu sekolah kecil maupun besar,” harap Misbah, Kepala MI Tamanagung. (mr. cula)